Misalnya terdapat suatu kasus dimana seorang mahasiswa melakukan penelitian tentang pengaruh prestasi belajar antara siswa yang mendapat model pembelajaran X (Project Based Learning) dan siswa yang mendapat model pembelajaran Y(Problem based Learning), diambil dua kelas sebagai sampel penelitian dimana kelas A mendapat model pembelajaran X dan kelas B model Pembelajaran Y.
Hipotesis yang digunakan ialah:
- Ho: μ1 = μ2 (Tidak ada perbedaan penggunaan model Pembelajaran X dan Y terhadap prestasi belajar siswa)
- H1: μ1 ≠ μ2 (Ada perbedaan penggunaan model Pembelajaran X dan Y terhadap prestasi belajar siswa)
Langkah-langkah menggunakan uji Mann Whitney ialah sebagai berikut:
1. Bukalah Lembar Kerja SPSS
2. Input data pada variabel view seperti gambar berikut:
4. Input semua nilai dari pengamatan kedua sampel
Terdapat beberapa asumsi yang harus diujikan terlebih dahulu, yakni:
- Asumsi Normalitas
- Asumsi Homogenitas
- Asumsi Penyebaran Data
Descriptive Statistics → Explore →Nilai (Dependent List) → Model Pembelajaran (Factor List) → Plots
Output yang dapat dianalisis sebagai berikut:
a. Lilliefors Significance Correction
Graph → Legacy dialogs → Histogram → Masukkan Nilai ke Variabel dan Model Pembelajaran ke Rows → continue
Diperoleh hasil output sebagai berikut:
dapat terlihat dari dua histogram diatas, keduanya memiliki bentuk dan lebar yang hampir sama, hal ini memperlihatkan penyebaran yang yang sama. Perbedaan median juga terlihat dari puncak tertinggi dari keduanya yang berbeda. Sehingga asumsi ini terpenuhi dimana terdapat persamaan bentuk dan penyebaran data.
Karena setiap asumsi telah terpenuhi maka uji Mann Whitney dapat dilakukan, langkah-langkah meliputi:
Analyze → Non Parametric Test →2 Independent Samples, seperti terlihat pada tampilan berikut:
Input Nilai kedalam Test Variable list dan Model Pembelajaran pada Grouping Variable. Pada define group masukkan 1 pada group 1 dan 2 pada group 2. Cek Mann Whitey Klik Ok
Analisis Uji Mann Whitney sebagi berikut:
Dapat terlihat bahwa rata-rata rank tiap model pembelajaran. Project Based Learning sebesar 20.26 sedangkan problem based learning dengan 19.69. Perbedaan nya tentu dapat kita lihat, tetapi hasil lebih spesifik dapat diperoleh dari output test statictic berikut:
b. Grouping Variable: Model_Pembelajaran
Akan dibandingkan Uhitung dengan Utabel. Dapat dilihat bahwa Mann- Whitney U atau Uhitung= 183.500. Utabel =119 diperoleh dari n1= 20 dan n2=19 dengan taraf signifikan 0.05. n1 adalah jumlah sampel terbanyak yaitu model pembelajaran project based learning sedangkan n2 adalah jumlah sampel ebih sedikit yakni model problem based learning. Dan dari tabel diatas terlihat bahwa Uhitung > Utabel (183.500 > 119), dilihat juga bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) >α, dimana α=0.05 (0.875 >0.05) sehingga Ho diterima sehingga kesimpulannya adalah tidak ada perbedaan penggunaan model Pembelajaran X dan Y terhadap prestasi belajar siswa.